Sunday 7 April 2013

Tim Security Sekolah-Kita Bantu Bersama

Dengan makin berkembangnya sekolah ini, Al Irsyad Satya yang kita sayangi, kebutuhan akan gedung baru untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar pun tentu meningkat. Tim Security pun perlu menambah personil, tentunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di siang hari, dan pengamanan di malam hari -seperti dikutip oleh salah seorang tim Security tempo hari.  
Beberapa waktu lalu, satu-dua kasus terkait isu keamanan muncul di sekolah. Ada modus penelefon yang mengabari orang tua murid bahwa anaknya terluka atau celaka, hingga dibawa ke Rumah Sakit, perlu penanganan segera, dan tentunya perlu dana yang tidak sedikit. Ortu mana sih yang tidak akan panik jika mendengar kabar bahwa anaknya celaka? Tapi mari berpikir tenang. Silakan kontak kami, FT-nya. Jika tak bisa mengontak kami (siapa tahu kami sedang mengajar, atau ponsel tertinggal di rumah atau sedang off), silakan kontak admin sekolah untuk mengkonfirmasi kebenaran kabar itu. Yang ada juga kami yang akan kontak ayah/bunda, bukan pihak ketiga.
Sementara itu, di sekolah/kelas, kami pun berkoordinasi ulang, berulang-ulang. Beberapa tips yang kami sampaikan ke anak-anak nih... Saya yakin, pastinya di rumah pun diulang lagi oleh ayah & bunda.
  • Kami ingatkan anak-anak untuk tidak mudah percaya pada orang lain begitu saja. Jika bertemu dengan orang tak dikenal yang mengajak pergi, atau 'sekedar' memberi sesuatu, mari kita waspadai dulu. Kenali identitasnya, ciri-cirinya. 
  • Sementara itu, mari kenali juga anggota tim Security kami yang saat ini sudah berjumlah 11 orang. Dengan seragam khas G4S (G-force) yang rapi, kenali pula nama dan wajah mereka satu persatu. Jangan sampai tertipu orang (sok) baik yang menyaru jadi petugas keamanan. Hari gini gitu... ada saja jalan orang untuk mencari-cari kesempatan dalam berbuat kejahatan (kadang heran sendiri, kenapa ya orang jarang mencari-cari kesempatan untuk berbuat baik :p) 
  • Dekat-dekat orang yang dikenal yuk, terutama FT atau guru-guru Al Irsyad, baik yang mengajar di kelas maupun yang tidak mengajar di kelas. Yuk, cepat datang ketika dipanggil, tidak usah menunggu sampai dipanggil berkali-kali. Hal ini juga termasuk saat assembly atau dismissal. Yuk, tetap dalam barisan, supaya FT tahu, siapa saja yang 'hilang' dari barisan dan bisa lebih mudah memfokuskan pencarian. Jiaaah... pencarian... ;)
Kami pun meningkatkan koordinasi dengan tim security sekolah, terutama sang komandan, pak Iwan. Saat ada anak-anak yang 'hilang' dari pandangan, tak jarang kami minta bantuan mereka untuk menemukan lokasi keberadaan mereka. Alhamdulillah, dengan kesigapan semua tim security sekolah, pasti ketemu aja tuh, siapa-siapa yang biasa bersembunyi dari pandangan gurunya. Yuk, kita 'gandengan tangan', saling jaga untuk keamanan dan kenyamanan bersama.

No comments: