Monday 16 July 2012

Standar Perlengkapan Siswa

Mengawali tahun pelajaran baru, kelihatannya banyak yang deg-degan nih. Jangan sangka gurunya tidak berdebar-debar. Kami juga deg-degan lho ;) Murid-murid seperti apa yang akan kami dampingi selama setahun ini? Sanggupkah kami menangani berbagai permasalahan yang akan muncul kemudian? Mampukah kami membimbing mereka langkah demi langkah menuju kedewasaan dan kemandirian mereka, meraup tetes demi tetes ilmu Allah? Kerjasama antara guru dan orang tua tentu akan sangat penting. 
Yuk, siapkan putra-putri ayah dan bunda untuk bersekolah. Siapkan mentalnya, sampaikan bahwa mereka sudah besar, sehingga tak perlu lagi ditunggui ayah/bunda saat bersekolah. Siapkan pula kondisi fisiknya. Istirahat yang cukup, sempatkan untuk sarapan dulu sebelum berangkat sekolah. Kenakan seragam lengkap dengan vest dan topi (jika sudah memilikinya), kaos kaki putih dan sepatu hitam. Siapkan juga perlengkapan mereka untuk keseharian selama di sekolah. Daftar perlengkapan yang mesti dibawa dan disimpan di locker kelas sudah diberikan bersamaan dengan buku tempo hari ya. Secara umum, ini yang mesti dipersiapkan:
1. Alat shalat. 
  • Untuk perempuan: sajadah dan mukena. 
  • Untuk laki-laki: sajadah, kopiah hitam, dan sarung. Sarung bisa digunakan dalam kondisi 'darurat' ketika celana robek. :)
2. Sandal waterproof ;)
Sandal ini digunakan pada saat bermain ataupun berwudhu. Warna? Usahakan yang hitam, supaya tidak terlalu terlihat saat kotor :p Model? Kalau bisa yang bagian depannya tertutup, seperti crocs begitu. Nggak mesti crocs, yang edisi KW12 juga boleh ;)

3. Alat tulis. 
  • Pensil. Sedapatnya pensil 2B dengan bentuk batang segitiga agar anak lebih mudah menggenggamnya.
  • Penghapus yang lunak. Saya tidak bisa menyebut merek, tapi jenis penghapus yang putih atau yang hitam sekalian, cukup baik, karena bisa menghapus goresan pensil dengan bersih. 
  • Rautan pensil -jika perlu. Di kelas ada rautan pensil yang bisa digunakan bersama.
  • Lem. Bisa bentuk cair dalam tube kecil, atau lem stick.
  • Gunting kecil.
  • Crayon, sedapatnya yang 24 warna. 
4. Baju ganti, lengkap. Dari atas sampai bawah, luar sampai dalam. Simpan dalam kantong (plastik) tertutup. Untuk jaga-jaga, siapa tahu baju yang dipakai basah. Daripada masuk angin, lebih baik ganti baju kan ya?
5. Buku tulis. Secara umum, jumlah dan jenisnya akan diinformasikan oleh guru bidang studi. Siapkan satu buku tulis khusus untuk menulis halus dalam pelajaran Bahasa Indonesia (bergaris 6) dan satu buku kotak (ukuran 1 cm) untuk pelajaran Matematika.
6. File folder dengan sisipan plastik di dalamnya. Isi 40 atau 60. Warna merah. File folder ini akan digunakan untuk mengumpulkan worksheet yang diberikan oleh guru agar tidak tercecer.
7. Botol kosong aqua 330 ml. Ini akan digunakan untuk 'tabungan' seed character. Setiap hari, saat siswa melakukan suatu kebaikan, maka akan diberikan 1-3 seed (kerikil) sebagai tabungan. Mudah-mudahan bisa menjadi penyemangat untuk putra/putri kita agar terus berbuat baik setiap hari.
NOTE:
Semua perlengkapan pribadi siswa ini harap diberi label nama tersendiri agar tidak mudah tercecer.
Siap sekolah? Mari...!

2 comments:

ishaanddzaky-cookies said...

assalamualaikum ms dee, thx sdh membuat blog utk p1 andalusia, moga2 blognya update terus, minimal seminggu sekali, hehe..syukur2 bs tiap hari :)
*dooh kyk sy yg rajin update blog aja...hihihihii*
oya, backgroundnya rame bener ya ms...meriaaahhh...
;p

setia-mommy falisha

Ms. Dee said...

wa'alaikum salaam. Terima kasih kembali. bunda. Mudah-mudahan bisa cukup sering meng-update blog ini ya. Saya juga maunya sih tiap hari, tapi kadang-kadang sudah kehabisan energi setelah seharian bersama anak-anak :)
Gambar background, itu saya ambil dari default-nya blogger kok, bunda, supaya semua subjek di sekolah terwakili ;)