Thursday 19 July 2012

First Days of School

Tiga hari ini Al Irsyad Satya memulai hari-hari pertama sekolah. Terdata, ada 25 siswa di P1 Andalusia pada tahun pelajaran 2012-2013 ini. Senin pagi, hanya 20 anak yang muncul. Hingga Rabu, hanya 21 anak saja yang hadir dan sudah langsung asyik beraktivitas di kelas. Mereka sudah tak sabar untuk 'belajar'. Berkali-kali mereka menanyakan, "Kapan belajarnya?" Saking semangatnya belajar, satu-dua anak bahkan sampai cemberut karena tidak kunjung 'belajar'. Dalam benak mereka, belajar hanyalah membaca atau menulis dalam buku :) Padahal dalam pekan ini, seluruh rangkaian kegiatan yang mereka jalani adalah proses belajar juga.
Kami belajar mengenali berbagai ruangan di sekolah, belajar bersosialisasi lebih baik dengan teman, belajar berbagai sistem di sekolah (SoP standar semacam adab di kelas, adab di perpustakaan, adab di masjid), dan sebagainya.
Ketika akhirnya sebuah buku panduan dibagikan kepada mereka, kemudian mereka diminta untuk menuliskan target pribadi siswa, pencapaian mereka di tahun ini, wah... mereka bersemangat sekali. Asyiiik, menulis!!! Hihi... padahal gurunya 'panas-dingin', kira-kira mereka bakal mengerti atau tidak ya dengan setting annual target seperti ini? Ada yang ingin dapat nilai 100 untuk berbagai mata pelajaran di tahun ini, OK. Ada yang ingin 5 saja (pastinya, 5 adalah angka yang cukup besar dibandingkan angka satu tentunya :)), ada juga yang ingin mendapat nilai 1000 bahkan satu milyar. Wow... Sedangkan untuk setting behaviour target, maaf-maaf ya, ayah dan bunda, saya minta mereka untuk mengikuti instruksi dari kami. Ada tiga hal yang kami minta untuk mereka tuliskan di buku panduan, yaitu:
  1. Shalat 5 waktu ~ Pray 5 times a day
  2. Shaum di bulan Ramadan ~ Fasting in Ramadan
  3. Belajar giat, mengupayakan yang terbaik ~ Study hard, do my best 
Target ini pun ditulis kembali di gambar pesawat yang mereka warnai sendiri. Insya Allah akan dipasang di kelas, agar mereka ingat target mereka masing-masing. Mudah-mudahan bisa mereka laksanakan. Tolong dibantu di rumah, untuk mengingatkan kembali target dan harapan mereka di tahun ini. Semoga semua menjadi anak-anak yang shalih/shalihat, tidak hanya di akhir tahun ini, tapi berlanjut hingga mereka dewasa nanti. Amiin.

3 comments:

Siti Maryam said...

4 hari ini anak-anak sangat berusaha untuk menyesuaikan diri di sekolah yang baru, kelas yang baru, temen-temen yang baru, dan guru-guru yang baru juga. selamat buat mereka. dan semoga kita dan anak-anak bisa "do the best" untuk hari ini, esok, dan seterusnya...selamat menunaikan ibadah puasa juga buat mba dee, anak-anak, dan orang tuanya...:)

Ms. Dee said...

Semangat selalu yuk...! Semoga di bulan Ramadhan ini semangat anak-anak (juga gurunya) tidak mengendur, dan masih selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik, dalam kondisi shaum sekalipun. :)

Siti Maryam said...

aamiin...