Saturday 10 November 2012

Hari Pahlawan 2012

Tahun ini, event Hari Pahlawan dirayakan dengan beberapa kegiatan. Anak-anak P1 Andalusia tentu saja ikut berpartisipasi di event ini. Tiga orang anak menjadi wakil kelas di ajang lomba cerdas cermat antarkelas. Untuk level kelas 1, lomba hanya dilakukan di level kelas, mengingat kelas 1 terdiri dari 3 kelas. Baiklah, mari kita berlomba.
Lomba ini diselenggarakan dalam sesi pelajaran IPS (di P1 Andalusia), dan sesi pelajaran Indonesian Studies lain (PKn atau Bahasa Indonesia) di kelas-kelas sebelah. Semua anak ikut hadir untuk menyemangati teman-temannya. Pertanyaan yang diberikan berkisar di materi PKn, IPS, dan pengetahuan umum. Anak-anak kelas 1 yang masih lugu dan lucu ini ternyata lebih lucu lagi aksinya di lomba cerdas cermat. Bisa jadi, ini adalah moment pertama kalinya untuk mereka. Tapi seriusnya... boleh diadu ;) Teman-temannya pun tak kurang seru memberi dukungan penih untuk tim perwakilan kelas mereka.
Babak pertama, masing-masing group diberi 5 soal yang bisa dialihkan ke group lain jika group pertama tak bisa menjawab. Di babak ini, tim P1 Andalusia kalah tipis dari tim kelas lain yang mendapat nilai kembar. Ayo semangat, anak-anak!!! Dan babak perikutnya adalah babak rebutan. Ternyata di babak ini tim P1 Andalusia menunjukkan 'taringnya'. Mereka saling berebut tunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan, dan akhirnya keluar sebagai pemenang. Alhamdulillah. Seru ya? Pasti anak-anak 'nagih' tuh untuk sesi lomba lainnya.
Di kelas, ucapan selamat dan terima kasih diberikan kepada perwakilan P1 Andalusia, yaitu Syauqi, Fasbrian, dan Faqih. Di kesempatan mendatang, ayo giliran teman-teman yang lain untuk berpartisipasi dalam lomba lainnya. Semua terlihat bersemangat, siap membela kelasnya. 
Dan sesi lomba berikutnya adalah lomba rancang Indonesian Corner. Setiap kelas diminta untuk menyiapkan sebuah sudut dengan dekorasi khas tentang salah satu pahlawan nasional. Kelas P1 Andalusia dapat undian untuk menyiapkan segala sesuatu tentang Cut Nyak Dien. Hmm... nyiapin apa ya? Ide rasanya mentok. Jadwal pekan lalu terasa begitu padat, ditambah dengan berbagai insiden. Untungnya, deadline lomba diperpanjang hingga hari Rabu depan. 
Di hari Jumat, anak-anak diminta menyiapkan kotak-kotak warna untuk menghias rumah adat Aceh (niatnya begitu). Ada anak yang mewarnai dengan begitu rapinya, tapi tentu saja selalu ada anak yang asyik-asyik sekedar coret-coret warna. Pokoknya, tugas yang diminta guru 'selesai'. Ah... anak-anak lucu itu... Dan pekan depan, di Senin, Selasa dan Rabu, ayo kita optimalkan usaha, dan tuntaskan tugas kita. Semangaaat!!!

No comments: