Sunday 2 September 2012

Agustusan di Bulan September :p

Tujuh belas Agustus tahun empat lima, 
itulah hari kemerdekaan kita... 
hari merdeka, nusa dan bangsa, 
hari lahirnya bangsa Indonesia, 
mer...de...ka.
dan seterusnya. 
Lagu Hari Merdeka ini akan kita nyanyikan bersama di Senin pagi, 2 September ini. Ya, kita akan merayakan keriaan hari merdeka di bulan September. 17 Agustus lalu, selain bertepatan dengan bulan puasa, juga memang sudah masuk periode libur lebaran. Jadi perayaan hari kemerdekaan ini akan kita rayakan (juga akhirnya) di awal September ini. Tak ada kata terlambat untuk bergembira dan (selalu) bersyukur atas kemerdekaan bangsa kita. Alhamdulillah.
Pagi akan diawali dengan upacara resmi. Anak-anak juga staf guru harus berseragam resmi. Usai upacara, ada pertunjukan teatrikal (lha, kok saya sudah buka rahasia? :p) yang dibawakan oleh guru-guru dari departemen Indonesian Studies bersama anak-anak Secondary. Setelah itu anak-anak bisa berganti pakaian dengan baju bernuansa merah-putih yang dibawa dari rumah. Untuk yang putri, tetap pakai kerudung ya... Kita siap-siap untuk berlomba. Anak-anak kelas 1 akan mengikuti mata lomba balap karung mini (untuk anak laki-laki) dan lomba memindahkan belut (untuk anak perempuan). Setelah anak-anak berlomba, guru dan orang tua bisa juga turun ke lapang untuk menjajal kemampuan. Atau sekedar 'gagayaan', boleh saja ;)
Segala mata lomba diharapkan sudah selesai sebelum makan siang. Setelah makan siang, hm... kita belajar lagi ya? Untuk anak-anak Primary 1 Andalusia, jadwal yang tersisa di hari Senin itu hanya tinggal Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PKn. Jadi, silakan siapkan 3 paket buku untuk pelajaran itu saja.
Hmm... kebayang sih malesnya untuk kembali belajar di kelas, berkutat dengan buku dan worksheet. Euphoria hari Merdeka pasti sudah mempengaruhi anak-anak (iya... iya... saya harus mengaku, pasti gurunya juga :p) Tapi ini adalah bentuk perjuangan kita di masa merdeka sekarang ini. Berjuang mengalahkan kemalasan, dan berjuang mengajar dan belajar selalu. Baiklah. Selamat belajar, baik di dalam maupun di luar kelas. Kita teruskan perjuangan melawan malas dan lelah setelah berlomba setengah harian. Merdeka!!! 

No comments: