Tuesday 7 August 2012

Aktivitas di Hari Ramadhan

Wadeuh... aktivitas pekan lalu belum ter-record di sini. Draft sudah ditulis cukup panjang, tapi terhapus gara-gara jaringan internet yang error :( Mau mengulang menulis, ah... mood menulisnya sudah beda lagi deh. Baiklah, jika demikian saya bercerita tentang aktivitas hari Senin ini saja deh, yang merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian aktivitas Ramadhan di Al Irsyad Satya.
Tim Juri menilai dan (kadang) menikmati tampilan peserta lomba 
Mengawali hari dengan shalat duha seperti biasa, untuk kelas kecil dilanjut dengan aktivitas di kelas, mewarnai coluring booklet tentang Shaum Ramadhan. Insya Allah nanti akan berguna dan bisa dimanfaatkan dalam pelajaran Islamic Studies. Sementara itu, kelas besar (mulai kelas 4 hingga Pre-U 2) memulai aktivitas pagi dengan lomba musik sahur, yang dilanjutkan dengan lomba nasyid antarkelas. Saya didaulat menjadi salah satu jurinya, jadi kelas P1 Andalusia dipandu ms. Maryam saja. 
Setelah recess yang singkat, anak-anak kelas kecil melanjutkan kegiatan dengan menonton film bersama di Interactive Teaching Room, sementara anak-anak kelas besar melanjutkan mata lomba dengan lomba nasyid. Saya masih menjadi juri, sehingga ms. Maryam masih jadi 'single mum' yang memandu 21 anak P1 Andalusia bergabung dengan anak-anak P1 lain, P2 dan P3 menonton The Lorax, sebuah film berisi pesan bijak untuk melestarikan pohon dan selalu menanam kembali. 
Kegiatan sesi pagi kelas besar dan kecil usai nyaris bersamaan, maka saya pun bisa bergabung dengan anak-anak P1 Andalusia untuk shalat dzuhur bersama. Selesai shalat, kami pun kembali ke kelas untuk melanjutkan lomba merangkai parcel. Anak-anak diberi kegiatan menggambar adegan ter-asyik dalam film The Lorax, sementara gurunya mereka-reka tampilan parcel yang bahan-bahannya merupakan partisipasi bersama. Terima kasih anak-anak. Terima kasih ayah dan bunda.
Adam bersama parcel P1 Andalusia
Menyelesaikan parcel dalam ketergesaan, 'pahibut' dengan aktivitas mengisi buku komunikasi plus menangani anak yang harus menunggu baju ganti karena celananya basah, mengawasi anak-anak yang ramai  bermain di kelas, yang bolak-balik merengek minta izin minum (padahal sebelum dan sesudahnya asyik-asyik berlarian terus di kelas), mengirim perwakilan kelas untuk ikut lomba tahfidz di IT Room, ah... akhirnya anak-anak tidak sempat berfoto bersama parcelnya. Hanya Adam yang sempat berfoto di sebelah parcel. Itu pun karena Adam cukup lama berada di area sekolah sambil menunggu penjemputnya datang. Nah, inilah  dia, kreasi parcel kelas P1 Andalusia. 

No comments: